Read more: http://datapendidik.blogspot.com/2012/03/cara-membuat-multi-kolom-pada-blogspot.html#ixzz26EI33DbJ
Selamat Datang Di Blog SMP Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Alamat: Jl. T. Umar No 01 Telp (0627)31255 Lae Oram Terima Kasih Atas Kunjungannya
Kunjungan Walikota
Walikota & Kepala Sekolah
LPI's Official of  SMPN 1 SP Kiri
Silver Medal
Team of LPI SMPN 1 Sp Kiri

Celebration

Tenaga Pendidik dan Kependidikan

halaman Depan
Kaur Kurikulum

Temu Pisah Kepala Sekolah

Siswa dan siswi
Kepala Sekolah Lama
« »
« »
« »
Get this widget

NEWS FROM VIVA

« »

Kurikulum


BAB  I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang ( Rasional )

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai pendidikan tertentu. Tujuan tersebut meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program  pendidikan dengan kebutuhan dan potensi daerah.
Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses yang kompleks, dan melibatkan berbagai komponen, yang tidak hanya menuntut keterampilan teknis dari pihak pengembang terhadap pengembangan berbagai komponen kurikulum, tetapi harus pula dipahami berbagai faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan sebuah kurikulum seperti kompetensi Guru dan Siswa berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka dirumuskanlah suatu kurikulum sebagai acuan pelaksanaan pendidikan yang berbasis sekolah ( Satuan Pendidikan ). Oleh karena itu, pengembangan Kurkulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar Nasional Pendidikan terdiri atas Standar Isi, proses, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Dua dari delapan Standar Nasional pendidikan tersebut yaitu Standar Isi ( SI ) dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Seiring dengan pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) tersebut, SMP Negeri 1 Simpang Kiri mulai tahun pelajaran 2008/2009 telah menerapkan KTSP secara menyeluruh.

B.       Landasan Hukum
Landasan hukum penyusunan Kurikulum SMP Negeri 1 Simpang Kiri adalah :
a.       Undang-undang Repulik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b.       Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
c.        Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan dan Menengah.
d.       Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan dan Menengah.
e.       Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 dan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006.
f.         Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006.
g.        Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
h.       Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses.
i.         Qanun Nomor 20 Tahun 2004 tentang Pendidikan Provinsi NAD.

C.       Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama
Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

D.       Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1.    Visi Sekolah
UNGGUL DALAM PRESTASI BERLANDASKAN IMTAQ DAN IPTEK SERTA BERAKHLAKUL KARIMAH

2.    Misi Sekolah
Untuk mencapai Visi, maka disusun Misi sebagai berikut :
Ø   UNGGUL DALAM PEROLEHAN HASIL UAN
Ø   UNGGUL DALAM PERSAINGAN MELANJUTKAN KE SEKOLAH SMA/KEJURUAN FAVORIT
Ø   UNGGUL DALAM AKTIFITAS KEAGAMAAN
Ø   UNGGUL DALAM OLIMPIADE DAN OLAH RAGA
Ø   UNGGUL DALAM MENJALANKAN IBADAH YANG BERBUDAYA ISLAM
Ø   SISWA MAMPU MENJALANKAN HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN SESAMA SISWA, ORTU, GURU DAN LINGKUNGAN

3.    Tujuan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Simpang Kiri
a.        Memiliki keunggulan kompetitif untuk melanjutkan pendidikan
b.           Berakhlak mulia (Akhlakul Karimah )
c.            Gemar berbuat baik kepada Allah SWT, sesama manusia dan alam sekitar
d.           Peka terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi
e.           Mempertahankan dan meningkatkan mutu akademik ( UN ) dengan nilai rata-rata 8.00
f.             Peningkatan mutu akademik dengan menaikkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 0,25 point dan meningkatkan nilai rata-rata raport.
g.            Peningkatan kemampuan berbahasa inggris bagi guru dan siswa ditunjukkan dengan kenaikan persentase penguasaan bahasa inggris, yaitu :
1.    Bagi guru 10% menjadi 15%.
2.    bagi siswa dapat meraih juara I tingkat kabupaten/Kota dan Provinsi serta juara III Tingkat Nasional pada setiap perlombaan bidang pidato, cerdas cermat dan olimpiade.
h.           Terwujudnya kehidupan sekolah yang berbudaya dan islami
i.             Peningkatan kemampuan siswa dalam Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang berjalan efektif dan dapat meraih juara I tingkat Provinsi.
j.            Mempertahankan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam Olimpiade MIPA Juara I Tingkat Provinsi.
k.            Peningkatan kemampuan siswa dalam keagamaan yang berjalan efektif dan dapat meraih juara I baik pada tingkat Kabupaten/Kota maupun Tingkat Provinsi.
l.             Peningkatan Kemampuan siswa dalam bidang prestasi olah raga yang berjalan efektif dan dapat meraih juara I baik pada tingkat Kabupaten/Kota dan juara II Tingkat Provinsi.
m.          Peningkatan Kemampuan siswa dalam bidang seni yang berjalan efektif dan dapat meraih juara I baik pada tingkat Kabupaten/Kota dan juara II Tingkat Nasional.
n.           Peningkatan kelengkapan sarana dan prasarana menuju keadaan yang ideal
o.           Terwujudnya lingkungan siswa yang bersih, rindang, nyaman dan kondusif untuk belajar.
BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.       Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
1. Kelompok Mata Pelajaran
Penyusunan Struktur dan muatan Kurikulum pada SMP Negeri 1 Simpang Kiri mengacu kepada pengelompokan mata pelajaran berdasarkan tujuan pendidikan Nasional, yaitu :
a. Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak yang mulia
b. Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
c. Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
d. Kelompok mata pelajaran Estetika
e. Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olah raga dan Kesehatan

2. Struktur Kurikulum

a. Struktur Kurikulum Nasional
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



1. Pendidikan Agama
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3. Bahasa indonesia
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
5. Matematika
4
4
4
6. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8. Seni Budaya
2
2
2
9. Pendidikan jasmani, Olah Raga dan kesehatan
2
2
2
10. Keterampilan / Teknologi informasi dan komunikasi
2
2
2
B. Muata Lokal
4
4
4
C. Pengembangan Diri
2*
2*
2*
Jumlah
32
32
32
2* Ekuivalen 2 jam pelajaran
b.  Struktur Kurikulum SMP Negeri 1 Simpang Kiri

Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



1. Pendidikan Agama
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3. Bahasa indonesia
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
5. Matematika
4
4
4
6. Ilmu Pengetahuan Alam
4+1*
4+1*
4+1*
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8. Seni Budaya
2
2
2
9. Pendidikan jasmani, Olah Raga dan kesehatan
2
2
2
10. Keterampilan / Teknologi informasi dan komunikasi
2
2
2
B. Muata Lokal



a. Akhlak
2
2
2
b. BTQ
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2**
2**
2**
Jumlah
32
32
32
*  ) Kebijakan Sekolah
**) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

B.        Muatan Kurikulum
1.   MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan landasan keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai bahan belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.
Sesuai dengan ketentuan standar isi, maka SMP Negeri 1 Simpang kiri dalam pembelajaran melaksanakan secara konsisten mata-mata pelajaran sesuai dengan standar isi, yang meliputi :
a.   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam yang diperuntukan bagi yang menganut agama islam dimaksudkan untuk peningkatan potensi  spritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dab berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama

b.   Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan wrrganegaraan yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945

c.    Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia/

d.   Mata pelajaran Bahasa Inggris
e.   Mata Pelajaran Matematika
Mata Pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analtis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memproleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti dan komperatif.

f.    Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek yang sangat penting bagi peserta didik yang merupakan bagian dari pembekalan kecakapan hidup. Oleh karena itu Pembelajaran IPA di SMP/MTs menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah

g.    Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pekajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan dimasyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akam memproleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang b erkaitan.

h.   Mata Pelajaran Seni Budaya
Pendidikan Seni Budaya dan ketrampilan memilki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multi kecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional

i.     Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, ketrampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, pengahayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spritual-sosial) serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis

j.    Mata Pelajaran Teknologi Infromasi dan Komunikasi
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk  merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasi peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

2.   Muatan Lokal
Muatan Lokal merupakan kegiatan kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi sesuai dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah. Oleh karena itu, berdasarkan hasil pengamatan terhadap kondisi dan kebutuhan di Aceh sekarang ini yang banyak dikunjungi oleh warga asing. Warga asing tersebut sangat membutuhkan informasi tentang kehidupan sosial budaya di Provinsi NAD. Penyampaian informasi tersebut diperlukan sumber daya manusia berkualitas yang mampu menggunakan bahasa inggris sebagai sarana komunikasi untuk menggali sejarah, kebudayaan dan sosial masyarakat yang ada di Aceh.

3.   Kegiatan Pengembangan Diri
Pelaksanaan Pengembangan Diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekpresikan diri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat, minat peserta didik dan kondisi sekolah. Dalam pelaksanaanya, pengembangan diri dibagi menjadi tiga program kegiatan yaitu :
1.   Bimbingan Konseling
Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang berlaku.

Bidang Pelayanan Konseling :
a.   Pengembangan Kehidupan Pribadi
Yaitu : Bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat serta kondisi sesuai dengan karaktristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik
b.   Pengembangan kehidupan sosial
Yaitu : Bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.
c.    Pengembangan Kemampuan Belajar
Yaitu : bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan  sekolah/Madrasah dab belajar secara mandiri
d.   Pengembangan Karir
Yaitu : bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai infromasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

2.   Program Pengembangan Diri dalam bentuk Ektrakurikuler
Pengembangan diri bidang keagamaan yang terdiri dari :
a.   Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)
MTQ merupakan seni membaca Al-Qur’an yang dipadukan dengan Irama yang teratur. Program MTQ diiharapkan agar siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan Tajwid dan Makhraj yang tepat dan benar. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat meraih juara I MTQ tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at sore, yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 dengan alokasi waktu selama 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Pengenalan Tajwid dan Makhraj ( 2 minggu)
-          Pengenalan Irama( 2 minggu)
-          Praktik membaca Al-Qur’an dengan irama (4 bulan)
-          Evaluasi hasil/laporan ( 1 minggu)
Untuk guru pembimbing ditunjuk Kemala Dewi, SE, Siti Hajar, S.Pd.I
b.   Shalat Jenazah
Penyelenggaraan Shalat jenazah merupakan salah satu kegiatan yang sangat perlu diketahui oleh siswa untuk melakukan kegiatan fardhu kifayah. Kegiatan ini diharapkan siswa memahami dan dapat melaksanakan shalat jenazah dengan benar. Sasaran yang ingin dicapai  adalah agar siswa dapat menjadi imam disaat orang tuanya meninggal serta tampil sebagai juara perlombaan sahalat jenazah untuk tingkat kabupaten/kota. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at sore, yang dimulai dari pukul 15.00-16.00 wib dengan alokasi waktu selama 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Pengenalan hukum dan bacaan dalam shalat Jenazah
-          Melakukan bimbingan  shalat jenazah
-          Praktek shalat jenazah
-          Evaluasi hasil/laporan
Guru Pembimbing  : Indrawati Br. S, S.Ag, Dra. Roslaini. AR

c.    Dalail Khairat
Penyelenggaraan dalail khairat merupakan salah satu kegiatan untuk kembali melestarikan kebudayaan Aceh yang bernuansa islami. Kegiatan ini diharapkan agar siswa mampu  dan memahami budaya Aceh yang bernuansa Islam dalam bentuk syair-syair. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat  melestarikan budaya asli daerah dan dapat tampil sebagai  juara pada perlombaan Dalail Khairat untuk tingkat Kabupaten/Kota. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu sore, yang dimulai dari pukul 16.00 – 17.00 dengan alokasi waktu selama 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Pengenalan Syair-syair Aceh
-          Menentukan irama yang sesuai dengan syair
-          Praktik Dalail Khairat
-          Evaluasi hasil/laporan
Guru Pembimbing :  Ahmadi, S.Pd.




d.   Kaligrafi
Kaligrafi merupakan suatu seni lukis yang menggunakan huruf-huruf Arab dengan menitikberatkan pada ayat-ayat Al- Qur’an. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat mengembangkan bakat, minat serta kreativitas dalam bidang seni yang bersifat religius serta mampu mengikuti berbagai perlombaan dan pameran kaligrafi, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan  setiap hari Jum’at yang dimulai dari pukul 16.00-17.00 wib dengan alokasi waktu selama 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program :
-          pengenalan dasar melukis
-          pengenalan penulisan ayat Al-Qur’an
-          penyesuaian topic dengan backgraoun
-          praktik membuat kaligrafi
-          Evaluasi dan laporan
Guru pembimbing : Indrawati, Br. S. S.Ag. Yuliardi, S.pd

Pengembangan Diri bidang ilmiah dan umum, yang terdiri dari :
a.   Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Karya Tulis Remaja (KIR) merupakan hasil karya siswa yang dikembangkan dalam bentuk ide, opini yang dituangkan dalam bentuk lisan. Sasaran yang ingin dicapai adalah Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam karya tulis remaja disekolah untuk dipersiapkan mengikuti lomba tingkat sekolah Kabupaten/Kota. Kegiatan ini dilaksanakan Setiap hari  Sabtu Sore yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib dengan alokasi waktu selama 1 semester.

Adapun teknis pelaksanaan program tersebut adalah :
-          mengajukan judul karya tulis
-          Menyusun kerangka karya ilmiah
-          Melaksanakan penulisan Karya Tulis Remaja
-          Presentasi hasil karya tulis
Guru Pembimbing adalah :  Syafrida, S.Pd, Sri Ida Berutu, S.Pd

b.   Olimpiade IPA
Olimpiade IPA merupakan suatu pogram untuk meningkatkan prestasi siswa dibidang akademik baik bidang biologi dan fisika, sehingga mampu berkompetisi pada sekolah, Kota/Kabupaten. Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan daya saing siswa dalam bidang Sains. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Kamis Sore yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 Wib dengan alokasi waktu selama 1 semester. Adapun teknis pelaksanaan program berupa pembahasan soal-soal Olimpiade IPA selama 5 tahun terakhir.
Guru pembimbing : Tanti kapitani, S.Pd, Aja Nurlina, S.Pd. Ahmadi, S.Pd. Kamaruddin, S.Pd

c.    Olimpiade Matematika
Olimpiade matematika merupaka suatu program untuk meningkatkan prestasi siswa dibidang akademik baik bidang Matematika, sehingga mampu berkompetisi pada sekolah, Kota/Kabupaten. Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan daya saing siswa dalam bidang Matematika. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Kamis sore yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 Wib dengan alokasi waktu selama 1 Semester. Adapun teknis pelaksanaan program berupa pembahasan soal-soal Olimpiade Matematika selama 5 tahun terakhir.
Guru pembimbing adalah : Sudarti, S.Pd, Agustina, S.Pd, Hartini,A.Md.Pd

d.   Pramuka
Pramuka merupakan salah kegiatan yang mebina mental serta akhlak siswa dalam cara hidup dan berinteraksi dengan sesama manusia. Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kemampuan daya saing siswa dalam bidang Pramuka. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu sore yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 Wib dengan alokasi waktu selama 1 Semester.
Guru Pembina adalah : Siti Aisyah, S.Pd, Sunadi SKD, S.Pd.I

Pengembangan Diri Bidang Olah Raga
a.   Volly Ball
Siswa mampu mempraktikan/bermain dalam cabang olahraga Volly Ball, yang bertujuan untuk mencari atau menjaring minat dan bakat siswa dalam cabang olahraga Volly Ball di sekolah. Sasaran yang ingin di capai adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni baik untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum’at sore dari Pukul 16.00-18.00 dengan alokasi waktu selama 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program tersebut adalah sebagai berikut :
-          Praktik Teknis Service Bola
-          Praktik Teknik Passing
-          Praktik Teknik blocking
-          Praktik Teknik Smash
-          Latihan bermain secara team
-          Evaluasi dan hasil/laporan
Guru Pembimbing : M. Nur, S.Pd

b.   Bola Kaki
Siswa mampu mempraktikan/bermain dalam cabang olahraga Bola kaki, yang bertujuan untuk mencari dan menjaring minat dan bakat siswa dalam cabang olahraga Bola kaki  di sekolah. Sasaran yang ingin dicapai  adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis Sore yang dimulai dari pukul 16.00 – 18.00 wib dengan alokasi waktu selama 1 semester. Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Praktik Teknik mengiring bola
-          Praktik Teknik menendang bola
-          Praktik Teknik menahan bola
-          Praktik Teknik melakukan shooting
-          Latihan bermain secara team
-          Evaluasi hasil/pelaporan
Guru pembimbing di tunjuk Yuliardi, S.Pd,  Hasbillah, S.Pd

c.    Tenis Meja
Siswa mampu mempraktikkan/bermain dalam cabang olahraga Tenis Meja, yang bertujuan untuk mencari menjaring minat dan  bakat siswa dalam cabang olahraga Tenis Meja disekolah. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni baik untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanak  setiap hari Jum’at yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib dengan alokasi waktu 1 semester. Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Pelaksanaan Teknik Fore  Hand/Back Hand
-          Pengenalan Teknik bermain
-          Praktik Teknik Bad
-          Praktik melakukan service
-          Praktik teknik smash
-          Latihan bermain secara team
-          Evaluasi hasil/laporan
Guru Pembimbing ditunjuk M. Nur, S.Pd


d.   Badminton
Siswa mampu mempraktikkan/bermain dalam cabang olahraga Tenis Meja, yang bertujuan untuk mencari menjaring minat dan  bakat siswa dalam cabang olahraga Badminton disekolah. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni baik untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanak  setiap hari Jum’at yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib dengan alokasi waktu 1 semester. Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Praktik teknik memegang Raket
-          Praktik teknik service bola
-          Praktik teknik pukulan Kombinasi
-          Praktik Teknik smash
-          Latihan bermain secara team
-          Evaluasi hasil/laporan
Unuk guru pembimbing ditunjuk M. Nur, S.Pd

Pengembangan diri bidang Seni, yang terdiri dari :
a.   Teater / Drama
Teater/drama adalah seni peran yang dapat membuat siswa memiliki rasa kepercayaan diri serta dapat mengembangkan bakat dan minat siswa yang akan membentuk kepribadian siswa yang baik. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni baik untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanak  setiap hari Sabtu yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib dengan alokasi waktu 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Pengenalan dasar teater/drama
-          Pelatihan Vocal
-          Penentuan naskah drama
-          Praktik vocal/gerak
-          Bermain peran
-          Evaluasi hasil/laporan
Guru pembimbing ditunjuk Sri Ida Berutu, S.Pd

b.   Tari Kreasi
Tari adalah seni gerak yang mencakup unsru mimik dan rupa. Tarian tersebut diharapkan siswa mampu mengapresiasikan karya seni tari baik dari daerah maupun tari kreasi baru. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni baik untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanak  setiap hari Sabtu yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib dengan alokasi waktu 1 semester.
Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          pengenalan dasar tarian
-          Praktik tarian
-          Penyesuaian musik dengan gerak tarian
-          Praktik menari kreasi baru
-          Evaluasi hasil/laporan
Guru pembimbing ditunjuk Artina, S.Pd.I, Sukarni, S.Pd

c.    Vokal Group
Vokal group adalah seni musiik yang diapdukan dengan suara koor (kelompok) dengan memperhatikan keserasian antara musik dengan vocal. Vokal group  dapat membuat siswa peka terhadap musik serta dapat mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang tari suara. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar siswa dapat mengikuti event Porseni baik untuk Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Kegiatan ini dilaksanak  setiap hari Selasa yang dimulai dari pukul 15.00-17.00 wib dengan alokasi waktu 1 semester.
 Adapun teknis pelaksanaan program sebagai berikut :
-          Pengenalan dasar vokal
-          Praktik paduan vokal
-          Penyesuain musik dengan vokal
-          Praktik pengolah vokal dengan musik
-          Evaluasi hasil/laporan
Guru pembimbing ditunjuk Karnilawati, S. Pd. Sri Ida Berutu S.Pd.

3. Program pengembangan diri dalam bentuk pembiasan
3.1  Bersama dengan guru dan sesama teman
Program ini dirumuskan berdasarkan kondisi dan budaya Aceh yang islami dan juga mengacu pada visi dan misi sekolah yang menonjolkan kekhususan dalam bidang agama. Program ini diharapkan dapat membiasakan peserta didik bertingkah laku sopan, santun serta menghargai guru dan juga teman.
         
3.2  Membaca do’a sebelum jam pelajaran dimulai
Program ini dirumuskan dari pemikiran bahwa manusia merupakan makhluk yang lemah dan selalu butuh pertolongan dari Allah Swt  dalam menjalankan segala sesuatu. Sehingga sudah sepantasnya sebelum melakukan suatu kegiatan dimulai dengan do’a agar apa yang diinginkan bisa terkabul.berdasarkan pemikiran tersebut diharapkan nantinya peserta didik dapat menyadari kemampuan dan kekuatan yang dimilikinya masih sangat kecil dibandingkan dengan kekuasaan Allah Swt. Hal ini menyebabkan peserta didik akan selalu rendah hati serta terhindar dari sifat sombong dang angkuh.

3.3  Jum’at Bersih
Program ini dirumuskan dari pemikiran bahwa suasana belajar yang berkualitas harus didukung oleh kondisi lingkungan bersih, nyaman dan sehat. Sehingga untuk mewujudkan keinginann tersebut, perlu dibiasakan budaya bersih agar kehidupan yang sehat bisa dicapai. Berdasarkan pemikiran tersebut diharapkan nantinya peserta didik dapat menyadari pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

4.   Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem pengelolaan program pendidikan yang berlaku disekolah pada umumnya saat ini, yaitu menggunakan sistem paket. Adapun pengaturan beban belajar pada sistem tersebut sebagai berikut :
a.   Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum  empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan. Pemanfaatn jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, disamping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain yang dianggap penting dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum standar isi.
Dalam bentuk matrik pengaturan beban belajar di SMP Negeri 1 Simpang Kiri dapat dirinci sebagai berikut :

Kelas
Satu jam Pelajaran tatap muka per menit
Jumlah jam pelajaran perminggu
Minggu efektif Per tahun pelajaran
Jumlah jam Pembelajaran pertahun
Jumlah Jam Pertahun @ 40 Menit
VII
40
37
34
1224
816
VIII
40
37
34
1224
816
IX
40
37
34
1224
816

b.   Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur atau kegiatan mandiri terstruktur dalam sistem paket untuk SMP Negeri 1 Simpang Kiri adalah maskismal 50 % dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan  kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. Dengan demikian penugasan terstruktur yang biasanya dalam bentuk pekerjaan rumah harus diperhitungkan waktu pengerjaannya dengan mempertimbangkan waktu sama dengan ½ dari jumlah jam tatap muka misalnya :
1.    Pendidikan agama jumlah jam per minggu 2 jam pelajaran, berarti beban tugas di rumah sama dengan 1 jam pelajaran.
2.    Matematika jumlah jam per minggu 4 jam pelajaran, berarti beban tugas rumah sama dengan 2 jam pelajaran.
c.    Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik disekolah setara dengan satu jam tatap muka, kegiatan pratikum Bahasa Inggris yang berlangsung selama 2 jam pelajaran setara dengan 1 jam pelajaran tatap muka.

5.   Ketuntasan Belajar
Untuk mengetahui tingkat penyerapan materi pembelajran (SK, KD dan Indikator) yang dirumuskan dalam bentuk nilai, perlu ditentukan standar yang jelas sebagai patokan/standar yang dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kajian dalam perumusan KKM ini di tinjau dari berbagai aspek, yang pada akhirnya ditungkan dalam bentuk aspek penilaian. Hal ini nantinya akan memudahkan pendidik dalam mengklasifikasikan peserta didik setelah proses evaluasi proses pembelajaran selesai dilaksanakan. Proses klasifikasi tersebut mengacu pada KKM untuk setiap mata pelajaran. Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk setiap  mata pelajaran pada SMP Negeri 1 Simpang Kiri ditetapkann sebagai berikut :

No
Komponen
Aspek penilaian
KKM
Ket
VII
VIII
IX
A
Mata pelajaran






1. Pend. Agama
Pemahaman Konsep
72
72
72



Penerapan
72
72
72


2. PPKn
Pemahaman Konsep
70
70
70



Penerapan
70
70
70


3. Bahasa Indo
Mendengar
70
70
70



Berbicara
70
70
70



Membaca
70
70
70



Menulis
70
70
70


4. Bahasa Inggris
Mendengar
70
70
70



Berbicara
70
70
70



Membaca
70
70
70



Menulis
70
70
70


5. Matematika
Pemahaman Konsep
70
70
70



Penalaran & Komunikasi
70
70
70



Pemecahan masalah
70
70
70


6. IPA Terpadu
Pemahaman Konsep
70
70
70



Kinerja Ilmiah
70
70
70


7. IPS Terpadu
Pemahaman Konsep
70
70
70



Penerapan
70
70
70


8. Seni Budaya
Kreasi
70
70
70



Apresiasi
70
70
70


9. Penjaskes
Permaianan & O. Raga
70
70
70



Pengembangan
70
70
70



Uji diri/Senam
70
70
70



Ritmik
70
70
70



Akuatik
70
70
70


10. TIK
Etika Pemanfaatan
70
70
70



Pengolahan & P Info
70
70
70



Penugasan Proyek
70
70
70

B
Muatan Lokal






a. Akhlak
Pemahaman Konsep
70
70
70



Penerapan
70
70
70


b. BTQ
Pemahaman Konsep
70
70
70



Penerapan
70
70
70

C
P. Diri






Hasil dari klasifikasi peserta didik setelah proses evaluasi hasil belajar dilaksanakan akan ditindaklanjuti dalam bentuk program, yaitu remedial dan pengayaan. Apabila seorang peserta didik setelah proses evaluasi (Ujian Harian) memproleh nilai dibawah KKM yang telah ditetapkan diwajibkan untuk mengikuti Program Remedial, dengan batasan pelaksanaan paling maksimal 2 kali. Sementara peserta didik yang nilainya telah mencapai atau melampaui KKM. Dianjurkan untuk mengikuti program pengayaan.

6.   Penilaian, Kenaikan Kelas, Penjurusan, dan Kelulusan
a)    Penilaian
Nilai rapor diperhitungkan dari nilai Ulangan harian (UH), nilai Ulangan Tengah Semester (UTS). Sebagai acuan dalam pengolahan nilai rapor, ditetapkan beberapa kriteria sebagai berikut :
Nilai Rapor yang diproleh dari hasil tes/nontes dihitung dengan bobot 2 : 1  yaitu menggunakan rumus :



2UH + UTS
2

 
 

b)    Kenaikan kelas
Kenaikan kelas di SMP Negeri 1 Simpang Kiri dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan kriteria sebagai  berikut :
1.    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
2.    Memproleh nilai minimal (memenuhi KKM) pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran.
3.    Tidak lebih dari 3 (Tiga) mata pelajaran yang tidak tuntas dengan mempertimbangkan nilai rapor semester 1 dan 2
4.    Kehadiran siswa di kelas mencapai minimal 90 % dengan ketentuan ketidakhadiran tanpa keterangan (Alpha) pada semester 1 dan semester 2 maksimal tidak melebihi 15 hari.
5.    Ketidakhadiran karena sakit pada semester 1 dan 2 masksimal 30 hari berdasarkan surat keterangan dokter.
6.    Ketidakhadiran karena izin pada semester 1 dan semester 2 sebanyak banyaknya  15 hari berdasarkan surat keterangan orang tua.
7.    mengikuti kegiatan pengembangan diri minimal 2 macam dengan nilai sekurang-kurangnya baik
8.    Penetapan kenaikan kelas didasarkan atas hasil musyawarah dewan guru dalam rapat dinas.

c)    Penjurusan
d)    Kelulusan
Penetapan kelulusan di SMP Negeri 1 Simpang kiri mengacu pada :
1.    PP 19 tahun 2005 pasal 72 ayat 1 yang menyatakan :
Peserta didik dinyatakan lulus jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :
a)   Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b)   Memproleh nilai minimal (memenuhi KKM) pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran.
c)    Lulus Ujian Sekolah dan Lulus Ujian Nasional
d)   Kehadiran siswa di kelas mencapai 90 %
e)   Memproleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok  agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajarann Jasmani, Olahraga dan kesehatan.
f)     Mampu membaca Al Qur’an dan Praktik salta
2.    Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional dan Ujian Sekolah yang di tetapkan oleh BSNP dan Dinas Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga.

7.   Pendidikan Kecakapan Hidup
Pendidikan kecakapan hidup meliputi kecakpan personal. Kecakpan sosial, kecakapan akademik, kecakapan vokasional. Di SMP Negeri 1 Simpang Kiri pelaksanaan Life Skill mencakup :
a.   Kecakapan hidup personal meliputi :
·         Terampil membaca dan menulis Al-Qur’an
·         Rajin beribadah
·         (Terintegrasi pada mata pelajaran agama)
·         Jujur
·         Disiplin
·         Kerja keras

b.   Kecakapan Sosial meliputi :
·         Terampil memecahkan masalah di lingkungannya
·         Memiliki sikap sportif
·         Membiasakan hidup sehat
·         Sanggup bekerja sama (Terintegrasi pada semua mata pelajaran)
·         Sanggup berkomunikasi lisan dan tertulis
·         Terampil menjadi pewara (MC) (Terintegrasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)

c.    Kecakapan Akademik meliputi :
·         Terampil dalam penelitian ilmiah seperti merencanakan dan melakukan penelitian dengan merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel dan membuktikan variabel.
·         Terampil menerapkan teknologi sederhana (Terintegrasi pada kelompok mata pelajaran Iptek)
·         Kecakapan berpikir rasional (Terintegrasi pada semua mata pelajaran)
8.   Keunggulan Lokal dan Global
b.   Keunggulan lookal dikembangkan berdasarkan kondisi SMP Negeri 1 Simpang Kiri  yang berlokasi dekat dengan lingkungan industri rumahan dan pabrik  kelapa sawit sehingga menetapkan pelajaran muatan lokal yang memungkinkan pengembangan keunggulan lokal. Keunggulan lokal bidang seni di antara lain seni tradisional seperti : SMP Negeri 1 Simpang Kiri mengembangkan secaraf terprogram adalah teater tradisional.
c.    Keunggulan global yang dikembangkan antara lain :
1.    kemampuan Berbahasa Inggris
2.    Mengoperasikan komputer hingga pemanfaatan inernet
Keunggulan global tersebut ditunjang karena keberadaan SMP Negeri 1 Simpang Kiri berada di Kota Subulussalam yang menuntut bahasa Inggris dan penggunaan TIK untuk menyongsong dan menyiasati kebutuhan global.
Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi dan lain-lain, yang  bermanfaat untuk pengembangan kompetensi peserta didik.

C.       Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
a.   Pendidikan Agama Islam
1.    Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf
2.    Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna
3.    Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan  menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah
4.    Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat
5.    Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara


b.    Pendidikan Kewarganegaraan
1.    Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma  kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan,  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.    Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama
3.    Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab
4.    Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
5.    Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat
6.    Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah
7.    Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi
8.    Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya

c.    Bahasa Indonesia
1.   Mendengarkan
Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel
2.   Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama
3.   Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan
4.   Menulis
Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen

d.    Bahasa Inggris
    1. Mendengarkan
 Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
    1. Berbicara
 Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
    1. Membaca
 Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari
    1. Menulis
 Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

e.    Matematika
1.    Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta  penggunaannya dalam pemecahan masalah
2.    Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.    Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.    Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta  menerapkannya dalam pemecahan masalah
5.    Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta  memanfaatkan dalam pemecahan masalah
6.    Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7.    Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama



f.Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
1.    Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh
2.    Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri,  cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem
3.    Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup
4.    Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya
5.    Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
6.    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

g.    Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS)
1.    Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
2.    Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian  manusia
3.    Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4.    Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
5.    Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
6.    Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
7.    Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
8.    Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya
9.    Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional  dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan  internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

h.    Seni Budaya
Seni Rupa
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

Seni  Musik
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok
Seni  Tari
1.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara
Seni Teater
1.    Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat
3.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
4.    Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  teater  tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara

i.Pendidikan jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
1.    Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.     Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat
3.     Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung
4.     Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana
5.     Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik
6.    Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba

j.     Teknologi Kemunikasi dan Informasi (TIK)
1.    Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang
2.    Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer
3.    Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana
4.    Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi


BAB III
KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
Setiap permulaan tahun pelajaran, tim penyusun program di sekolah menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Pengaturan waktu belajar di sekolah/madrasah mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah/madrasah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
Beberapa aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut:
-       permulaan tahun pelajaran  adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
-       minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran  untuk setiap tahun pelajaran. Sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
-       waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
-       waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Hari libur sekolah/madrasah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
-       waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
-       libur jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
-       sekolah/madrasah-sekolah pada daerah tertentu yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
-       bagi sekolah/madrasah yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif. 
Hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota.


BAB IV
ANALISIS DAN PROFIL SEKOLAH

A.       Lingkungan Sekolah
SMP Negeri 1 Simpang Kiri terletak di tengah Kota tepatnya Kota Subulussalam  Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dengan luas lahan 16.287 m2 status tanah milik pemerintah yang terdiri dari jumlah rombel 18 rombel, 1 (satu) ruang guru, 1 (satu) ruang Kepala Sekolah, 1 (satu) Ruang Administrasi, Laboratorium, Perpustakaan, Aula, Musholla, Kantin, Lapangan basket, Bola Volly, Bola Kaki, Lingkungan dilengkapi dengan taman bunga yang asri yang dapat menunjang proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Simpang Kiri.

B.        Keadaan Sekolah
Tabel Keadaan SMP Negeri 1 Simpang Kiri
No
Jenis Ruangan
Jumlah (Buah)
Ukuran (M)
Kondisi
1
Rombel
21 Buah

Baik
2
Perpustakaan
1 Buah
10 x 15
Baik
3
Aula
1 Buah
15 x 15
Baik
4
Laboartorium IPA
1 Buah
10 x 15
Baik
5
Mess Guru
1 Buah
10 x 15
Rusak Ringan
6
Musholla
1 Buah

Baik
7
R. Computer
1 Buah
10 x 15
Baik











C.       Personil Sekolah
1.    Tenaga Pendidik
No
Nama / Nip
L/P
Jabatan
Ijazah / Jurusan / Tahun Diperoleh/Pangkat/Gol
Ket
1
2
3
4
5
6
1

Drs. DAHRIL MUNTE
Nip. 19690205 199903 1 002
L

Ka. Sekolah


S1/AIV/MTK/Pembina/IV.a


2

ASNIZAR, A.Ma.Pd
Nip. 131 390 705

P

Wakasek
A.II/S.II/PMK/1998/Pembina/IV.a


3

Dra. ROSLAINI, AR
Nip. 131 623 299
P
Guru
S1/A.IV/P. Agama/Pembina/IV.a


4

NURLAILI
Nip. 132 906 610

P

Guru

AI/AI/ IPA / 1980/Pembina/IV.a


5

KARNILAWATI, S.Pd
Nip. 131 852 964

P

Guru
S1/A.IV/PMP/2003/Pembina/IV.a


7

HARTINI, A.Ma.Pd
Nip. 131 813 824

P

Guru

A.II/S.II/MTK/1998


8

AHMADI, S.Pd
Nip. 132 265 711

L

Guru
S1/A.IV/Biologi/1999


9

M. NUR, S.Pd
Nip. 132 183 880

L

Guru

S1/A.IV/Penjas/1996


10

SUKARNI, S.Pd
Nip. 132 274 135
P

Guru

S1/A.IV/B. Inggris/98


11

KAMARUDDIN, S.Pd
Nip. 132 265 714
L

Guru

S1/A.IV/Fisika/97


12

NAINUNIS, S.Pd
Nip. 390 019 976
P

Guru

S1/A.IV/Sejarah/96


13

INDRAWATI Br. S, S.Ag
Nip. 390 019 960
P
Guru
S1/A.IV/STAIS/97


14

TANTI KAPITANI. S, S.Pd
Nip. 390 019 969
P
Guru
S1/A.IV/Fisika/98

15
MARDHALENA, S.Pd
Nip. 390 021 694
P
Guru
S1/A.IV/Ekonomi


16

AJA NURLINA, S.Pd
Nip. 390 021 929
P
Guru
S1/A.IV/Biologi/2002

17

SUDARTI, S.Pd
Nip. 390 022 036
P
Guru
S1/A.IV/Mtk/

18

SITI HAJAR, S.PdI
Nip. 390 026 698
P
Guru
S1/A.IV/Agama

19

KEMALA DEWI, SE
Nip. 390 026 722
P
Guru
S1/A.IV/Ekonomi

20

HASBILLAH, S.PdI
Nip. 19810913 200504 1 001
L
Guru
S1/A.IV/B. Inggris/04

21

SYAFRIDA, S.Pd
Nip. 390 035 432
P
Guru

S1/A.IV/B. Indonesia

22

ROSMANIAR. B, S.Ag
Nip. 390 046 459
P
Guru
S1/A.IV/PAI/2000

23

ARTINA, S.Pd
Nip. 390 046 460
P
Guru
S1/A.IV/P. Agama

24

AGUSTINA, S.Pd
Nip. 390 046 457
P
Guru
S1/A.IV/MTK/2004

25

AHNIJAR, S.Pd
Nip. 131 674 473
P
Guru
S1/A.IV/B. Inggris/00

26

NELLIANA LUBIS, S.Pd
Nip. 390 026 853
P
Guru
S1/A.IV/PPKn

27

ZULAINI, S.Ag
Nip. 390 054 277
P
Guru
S1/A.IV/PAI/93


28

YULIARDI, S.Pd
Nip. 198107102009041003
L
Guru
S1/A. IV/Penjas/

29

SRI IDA BERUTU, S.Pd
Nip. 198511272009042002
P
Guru
S1/A.IV/ B. Indo/

30

DEWI MULYANA, S.Pd
Nip. 19850622 200904 2 005
P
Guru
S1/A.IV/Ekonomi/

31
JAFNIMAR JAKFAR
NIP. 196206061991032007
P
GURU
S1/A.IV/PPKN

32
SUNADI, S.Pd.I
NIP. 198409172010031001
L
GURU
S1/A.IV/B.ARAB
CPNS
33
SITI AISYAH, S.Pd
P
GURU
S1/A.Iv/MTK
GTT
34

LILA SARI NOVIANA, S.Pd
P
GURU
S1/A.IV/P.INGGRIS
GTT
35
MARIANA, S.Pd.I
P
BP
S1/BP
GTT


2.    Tenaga Kependidikan
No
Nama/Nip
L/P
Jabatan
Ijazah / Jurusan / Tahun Diperoleh/Pangkat/Gol
Ket
1
Hj. Ramadhiah
Nip. 131 609 842
P
Kepala TU
S1/Hukum/2004
PNS
2
Nurjaman
Nip.390 058 626
L
Staff
SMA/II/A
PNS
3
Nova Dynella Taruli
Nip.197811132010032001
P
Staff
D.III/Komputer
CPNS
4
Nuryati
Nip
P
Staff
SMA
PTT
5
Lisda Berutu
Nip.
P
Staff
SMA
PTT

BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan
1.    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dapat dijadikan sebagai acuan atau pedoman penyelenggaraan Pendidikan di SMPN 1 Simpang Kiri
2.    Penyusunan Kurikulum in bertujuan untuk dapat meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan di Provinsi Aceh pada khususnya dan di Indonesia umumnya

B.   Saran
Kurikulum SMPN 1 Simpang Kiri ini dalam pelaksanaannya berlaku selama minimal satu tahun pelajaran Oleh karena itu perlu adanya revisi pada setiap tahunnya sesuai dengan analisis situasi sekolah

Galery Photo 2

Smpn 1 Simpang Kiri Slideshow: SMPN’s trip from Medan, Sumatra, Indonesia to 4 cities , Innsbruck, Samoa Amerika and Pran Buri was created by TripAdvisor. See another Thailand slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.